3.28.2010

Virus Iklan Malvertising

Apa itu Malvertising? Malvertising merupakan singkatan dari
Malware = malicious Software
Advertising = iklan
 
Diera iklan online sekarang para penjahat internet semakin mengembangkan sayap kejahatan mereka kedalam iklan online. Malware  bisa dikirim melalui iklan yang sudah terkontaminasi, dan tanpa sepengetahuan kita.

Menurut penelitian yang dilakukan baru-baru ini, diketahui bahwa virus dan malware lainnya telah didistribusikan melalui situs-situs yang sering dikunjungi seperti New York Times, Drudge Report, Techcrunch dan White pages. Dan malware yang didapati disini digolongkan sebagai Malvertising.

Peneliti-peneliti dari Avast menunjuk para pemain-pemain besar di industry iklan online seperti Yahoo's Yield Manager, Google's DoubleClick dan Fox Audience Network's Fimserve.com. Bagaimanakah cara virus atau malware ini bisa masuk ke komputer kita? Pengguna internet tidak perlu melakukan klik pada iklan yang ditampilkan hanya untuk mengetahui apakah malware ini akan masuk ke jaringan komputer anda, tapi terjadi kontaminasi dimulai saat iklan ini tampil pada browser anda.

Kode malware ini berbentuk Javascript dan dideteksi dengan nama "JS:Prontexi", seperti diungkapkan oleh peneliti Avast.

Porsi terbanyak dari malware/ trojan ini berasal dari Yahoo dan Fox. Perwakilan Yahoo telah mengkonfirmasi laporan ini dan akan mengadakan penelitian terhadap kemungkinan adanya trojan pada tampilan iklan mereka. Sedangkan Google sendiri mengatakan bahwa mereka telan menemukan trojan itu pada DoubleClick dan telah menghentikan penyebarannya.

Nah, mulai sekarang hati-hatilah mengklik iklan yang muncul. Jangan sampai komputer atau laptop anda terinfeksi trojan.


 

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

BACA JUGA ARTIKEL INI



0 comments: on "Virus Iklan Malvertising"

Post a Comment