4.22.2010

Facebook Zero

Seperti dikabarkan sebelumnya, Facebook telah merilis versi situs jejaring sosial  untuk perangkat bergerak demi menghemat bandwidth operator yang sangat berharga. Situs yang dimaksud adalah Facebook Zero dan bisa diakses dari http://0.facebook.com.

Dibandingkan dengan situs versi mobile yakni http://m.facebook.com, Zero lebih ringan dan hanya menawarkan teks.

“Facebook menawarkan layanan untuk menghemat bandwidth di jaringan operator,” kata Chamath Palihapitiya, seperti VIVAnews kutip dari Techcrunch, 22 April 2010. “Ini dilakukan dengan menutup fitur yang penuh data seperti foto dan video,” ucapnya.

Saat ini, kata juru bicara Facebook tersebut, pihaknya sedang mendiskusikannya sebagai pilihan agar membuat Facebook pada mobile web tersedia untuk semua orang, bisa diakses dari mana saja serta memungkinkan operator mendorong penggunaan internet mobile.

“Operator bisa menawarkan Facebook Zero sebagai layanan gratis pada pelanggannya dan mengenakan biaya tambahan bila pengguna ingin mengakses versi yang lebih kaya akan konten multimedia,” ucap Palihapitiya.

Langkah ini serupa dengan yang dilakukan oleh berbagai layanan web lain yang sudah ada sebelumnya. Versi minimalis dari layanan itu disediakan secara gratis dan pengguna yang ingin mengakses lebih banyak konten dipersilakan menggunakan versi berbayar.

Facebook sendiri tampak sangat serius memperhatikan pengguna mobile mereka. Pasalnya beberapa waktu lalu mereka berhasil melampaui angka 100 juta pengguna mobile yang mengakses Facebook lewat handset. (www.vivanews.com)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

BACA JUGA ARTIKEL INI



2 comments: on "Facebook Zero"

beng said...

udah dicoba di beberapa hp bisa, tapi koq di nokia N73 gak bisa yah? apa yg hrs disetting?

Ruben said...

For Beng

untuk mengaktifkan sebenarnya gampang sekali. Mas tinggal masuk ke situs facebook, ntar disebelah kanan BERANDA / HOME akan ada logo ZERO '0', silahkan mas daftar disana. setau saya kalau mas pakai kartu GSM THREE atau Telkomsel akan langsung bisa akses setelah mendaftar itu.


thank you for comment.

Post a Comment