4.21.2010

Search Engine untuk Invinsible Web

Keajaiban internet dan website dapat ditembus oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya, tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa mesin pencari yang khusus untuk mencari dan mengindex situs-situs yang tidak dapat diindex oleh search engine lain? Atau biasa dikenal dengan The Invinsible Web alias Deep Web.

Deep Web ini tidak dapat diindex oleh kemampuan standar sebuah search engine atau tidak terdaftar disana. Kenapa ini bisa terjadi? Ini disebabkan oleh konten-konten yang tidak ngelink ke situs lain, tidak menggunakan kode HTML ( hanya memakai gambar atau video ) dan akses terbatas yang sengaja dibuat untuk kebutuhan registrasi dan password rahasia yang tidak mungkin bisa di cache. Mencari situs-situs Deep Web ini seperti mencari jarum dalam jerami jika kita menggunakan mesin pencari biasa tetapi dengan memakai beberapa situs yang oke, maka pencarian ini akan lebih mudah.


Infomine ini dibentuk untuk kepentingan beberapa kampus universitas di Amerika Serikat sebagian diantaranya adalah University of California, Wake Forest University, California State University, and the University of Detroit. Informasi yang dapat dikorek antara lain kumpulan data, jurnal-jurnal elektronik, e-books, bulletin, artikel, bahan-bahan penelitian dan masih banyak lagi.

Situs ini tergolong situs catalog tertua yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee.

Intute ini situs dari Inggris dan merupakan sumber-sumber bahan studi terkemuka dan penelitian. Anda dapat meramban menggunakan kata kunci tertentu atau bahkan subjek pelajaran yang ingin anda lihat.

Situs ini merupakan perintis pencarian Deep Web. Situs ini sangat mudah dioperasikan untuk mengakses sejumlah besar database berkisar 70.000 data mulai dari pokok bahasan Pertanian, Makanan Minuman, kemiliteran sampai masalah Cuaca dan Iklim. Unutk memaksimalkan fungsi pencariannya, anda dapat menggunakan Advanced Search Options.

Situs ini memiliki banyak fitur pencarian berdasarkan kategorisasi (portal informasi). Uniknya situs ini menyediakan akses terhadap situs bagi anak-anak ( factmonster.com) dan Biosearch, mesin pencari khusus biography.

Mesin pencari ini merupakan jenis meta-search engine yang merasuk ke mesin pencari lain dan menyaring hasil pencarian Invisble Web. Situs ini mencari hingga pada direktori, format situs dan gambar-gambar yang ada didalamnya.

DeepWebTech menampilkan 5 (lima) search engine sekaligus untuk topik-topik tertentu, yaitu mesin pencari untuk sains, pengobatan (obat-obatan) dan bisnis.

TechXtra mengkhususkan pencariannya pada bidang mesin, matematika dan komputerisasi.
Disini terkandung kabar tentang lowongan kerja, laporan teknis, data-data teknis, pembelajaran yang disertai artikel dan informasi yang relevan lainnya.





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

BACA JUGA ARTIKEL INI



1 comments: on "Search Engine untuk Invinsible Web"

Unknown said...

I never know about this kinda thing. I am not analyser of Search engine but it is so nice to know this thing. Thank you very much to share this.

Debts

Post a Comment