4.10.2010

Social Media Marketing Facebook untuk Promosi Blog atau Situs

Siapa yang tidak kenal Facebook? Kalau kamu tidak kenal itu artinya kamu baru keluar dari hutan belantara dan dalam 2 tahun terakhir tidak baca koran atau internetan J . Facebook sangat popular diseluruh dunia bahkan pernah mengalahkan popularitas Google di Amerika. Jumlah penggunanya di Indonesia yang sudah mencapai 11.759.980 orang merupakan pasar potensial untuk promosi artikel, blog, website bahkan bisnis.

Nah, sekarang bagaimana caranya membangun traffic dari Facebook? Berikut 3 (tiga) tips sederhana yang cukup ampuh.

  1. Advertising = Iklan
Banyak pemilik situs, blog bahkan pebisnis menempuh cara cepat yang satu ini. Memang ini sangat efektif jika diterapkan di Google Adwords tetapi tidak semua orang bisa mengeluarkan anggaran untuk membayar iklan-iklan ini. Keefektifan beriklan di Facebook Ads sangat terlihat pada pilihan-pilihan yang tersedia misalnya beriklan berdasarkan minat, lokasi bahkan usia para member yang akan disasar. Facebook menyediakan pay per click, pay per view dan pembatasan anggaran iklan.

  1. Jurus Jitu Bebas Iklan
Situs atau blog yang baru akan sangat sulit untuk bisa mendapat backlink atau bahkan pagerank yang bagus, dengan memasukkan link situs kamu ke Facebook maka search engine akan mengoptimasi link tersebut. Facebook Fanpage adalah tools gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mulai berpromosi membangun link atau brand ( merek, community branding), dengan Fanpage ini kamu bisa berbagi informasi apa saja dan memungkinkan setiap pembaca untuk mengklik situs kamu. Perlu diingat bahwa Facebook Fanpage ini bukanlah SITUS atau BLOG RESMI kamu tapi hanya sebagai pelengkap untuk membangun backlink yang meredirect setiap pengunjung Facebook ke situs dimaksud.

  1. Facebook Applications
Disini Facebook menyediakan Catatan, Grup dan Market Place.


Facebook Marketing ini sangat efektif untuk membangun list building (para pendukung situs atau blog) karena setiap orang yang tergabung dalam jaringan pertemanan kamu ini akan menyebarkan tentang informasi yang kamu bagikan. Semakin banyak informasi kamu bagikan maka semakin sering orang lain merekomendasikan situs atau blog kamu karena yang menjadi catatan penting disini adalah bahwa Social Media Marketing Facebook ini akan menjadi “daya ungkit” membangun link dan menaikkan page rank.





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

BACA JUGA ARTIKEL INI



0 comments: on "Social Media Marketing Facebook untuk Promosi Blog atau Situs"

Post a Comment