4.09.2010

PAY WALL, Cara Kaya ala Rupert Murdoch Jual Konten (2)

Mungkin sudah jamak kita ketahui bahwa kebanyakan media online mendapatkan pemasukan  finansial dari iklan, ini semakin diperbesar oleh adanya massive traffic ke situs online tersebut. Jikalau penerapan PAY WALL ini diterapkan pendapatan dari iklan jelas akan berkurang dan digantikan oleh pendapatan dari pembayaran oleh pembaca.

Contohnya, The Times memiliki sekitar 20 juta pembaca diseluruh dunia, jika ini dikonversikan per US$ 2 maka akan diperoleh penghasilan US$ 40 juta seminggunya... wow.. luar biasa... tapi nilai ini (tidak) mungkin bisa tercapai karena kebanyakan para pembaca ini akan meninggalkan situs berbayar, everybody likes free. Orang-orang sukanya gratisan.

Rencana baru dari Rupert Murdoch adalah mengenakan biaya akses The Wall Street Journal bagi pengguna Blackberry dan iPhone. Biayanya juga berkisar US$ 2 per minggu dan akan diterapkan 1 (satu) atau 2 (dua) bulan ke depan.

Murdoch memandang bahwa dengan perkembangan gadget teknologi ( mobile phone and portable electronic devices ) canggih seperti iPad dan Amazon Kindle, maka media massa online akan tetap hidup, semakin mudah dan digemari oleh masyarakat dibanding koran biasa ( printed page)

Tapi apakah rencana ini tidak terdengar konyol? Para pemilik stasiun berita atau pemilik media akan mengikuti langkah Murdoch untuk membebankan sejumlah uang kepada para pembaca demi beritanya. Kenyataannya tidak semua orang akan mau membayar untuk itu. Mereka bisa kehilangan semua pembacanya.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

BACA JUGA ARTIKEL INI



0 comments: on "PAY WALL, Cara Kaya ala Rupert Murdoch Jual Konten (2)"

Post a Comment